Kamis, 15 Juli 2010

Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I)

Pencegahan/perlindungan terhadap penyakit infeksi dihubungkan dengan suatu kekebalan, yaitu kekebalan aktif dan kekebalan pasif. Kekebalan aktif adalah perlindungan yang dihasilkan oleh sistem kekebalan seseorang sendiri. Jenis kekebalan ini biasanya menetap seumur hidup. kekebalan pasif adalah perlindungan yang diberikan oleh zat-zat yang dihasilkan oleh hewan atau manusia yang diberikan kepada orang lain, biasanya melalui suntikan. Kekebalan pasif sering memberikan perlindungan yang efektif, tetapi perlindungan ini akan menurun setelah beberapa minggu atau bulan.
Dari penyakit menular yang telah ditemukan, sampai saat ini di Indonesia baru 7 (tujuh) macam yang diupayakan pencegahannya melalui program imunisasi yang selanjutnya kita sebut Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I)
Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI / adverse event following immunization) adalah kejadian medik yang berhubungan dengan imunisasi, baik berupa reaksi vaksin ataupun efek simpang, toksisitas, reaksi sensitivitas, efek farmakologis, atau kesalahan program, koinsidensi, reaksi suntikan, atau hubungan kausal yang tidak dapat ditentukan. Pada keadaaan tertentu lama pengamatan KIPI dapat mencapai masa 42 hari (artritis kronik pasca vaksinasi rubella), atau bahkan sampai 6 bulan pada pasien immunodefisiensi pasca vaksinasi campak dan polio paralitik serta infeksi virus polio vaccine strain non imunodefisiensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar